Tips Merawat Motor Matic Injeksi Agar Tetap Awet
Agar kondisi motor selalu terjaga dengan baik maka perawatan harus dilakukan secara berkala. Hal tersebut juga berlaku untuk motor matic dengan mesin injeksi ataupun karburator. Sebenarnya perawatan untuk motor matic juga sama aja dengan motor bebek atau sport yang harus dilakukan perawatannya secara rutin agar mencegah terjadinya kerusakan yang engga diinginkan. Yuk, ketahui tips merawat motor matic injeksi.
Tips Merawat Motor Matic Injeksi Agar Tetap
2. Memilih Oli Matic yang Tepat
Saat ini di Indonesia memang banyak sekali oli matic dari berbagai brand. Jangan asal dalam memilih oli matic, karena setiap oli memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga harus disesuaikan dengan karakteristik motor yang kamu miliki. Jika kamu sembarangan memilih oli, maka yang terjadi adalah menurunnya performa kesehatan mesin.
3. Rutin Memanaskan Mesin di Pagi Hari
Salah satu tips merawat motor matic injeksi yang paling mudah yaitu rutin memanaskan mesin di pagi hari dengan lama waktu 1 sampai 2 menit. Ini bertujuan agar oli bisa mencapai suhu optimal dan bisa melumasi seluruh bagian mesin. Yang perlu di ingat yaitu, jangan terlalu lama memanaskan mesin ya
4. Jangan Sampai Kehabisan Bensin
Sekarang ini banyak yang beranggapan bahwa jika bensin habis akan membuat motor matic injeksi menjadi rusak, padahal anggapan tersebut salah besar. Sebenarnya bensin yang habis tidak akan berpengaruh apapun pada kesehatan mesin. Tapi sebaiknya agar motor bisa dijalankan dengan baik, bensin dipastikan harus tetap terisi.
5. Bahan Bakar yang Berkualitas
Selanjutnya kamu harus menggunakan bahan bakar yang berkualitas seperti kadar oktan yang disarankan oleh pabrikan. Jika kadar oktan semakin tinggi, maka kualitasnya juga akan semakin tinggi. Tapi jika motor matic kamu 150cc kebawah, sebaiknya gunakanlah Pertalite atau Pertamax. Sedangkan untuk 250cc gunakanlah Pertamax Turbo atau Pertamax
6. Mengganti Oli Shockbreaker
Jika shockbreaker tidak dirawat maka oli yang didalamnya akan mengering yang mengakibatkan shockbreaker menjadi kurang empuk lagi. Karna seperti yang kita ketahui bahwa kenyamanan motor matic sangat bergantung dari shockbreaker. Sebaiknya gantilah oli shockbreaker setelah 10.000 kilometer agar kenyamanan shockbreaker dan kondisinya tetap selalu terjaga.
7. Menggunakan Nitrogen
Perawatan pada bagian ban juga perlu diperhatikan, jika ban sudah gundul maka harus segera diganti. Agar angin ban lebih stabil, kamu bisa menggunakan nitrogen. Dibandingkan dengan angin biasa, partikel molekum yang ada di nitrogen lebih besar
8. Perawatan untuk Aki
Sepertinya semua motor pernah mengalami kejadian aki soak. Ini terjadi akibat pemakaian aksesoris yang berlebihan, aki sudah berumur ataupun air aki yang kurang. Untuk menghindari aki soak, selalu cek aki dan kurangi pemakaian aksesoris yang tidak dibutuhkan.
9. Mengecek Kondisi Vanbelt dan Roller
Untuk menghubungkan mesin dengan roda, motor matic membutuhkan Vanbelt yang terbuat dari karet, maka sewaktu-waktu bisa putus jika usianya sudah terlalu tua. Masa pakainya sekitar 20.000 hingga 25.000 kilometer, kalau sudah melewatinya maka harus segera diganti. Jangan lupa juga untuk mengecek roller yang merupakan satu bagian dengan Vanbelt.
Sumber : Astra Motor
Komentar
Posting Komentar